1. Pengertian MPMBS (Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah)
Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah (MPMBS) dapat
didefinisikan sebagai model manajemen yang memberikan otonomi lebih besar
kepada sekolah dan mendorong sekolah untuk melakukan pengambilan keputusan
secara partisipatif untuk memenuhi kebutuhan mutu sekolah atau untuk mencapai
tujuan mutu sekolah dalam kerangka pendidikan nasional. Dengan otonomi yang
lebih besar, maka sekolah memiliki kewenangan yang lebih besar dalam mengelola
sekolahnya, sehingga sekolah lebih mandiri. Dengan kemandiriannya, sekolah
lebih berdaya dalam mengembangkan program-program yang tentu saja, lebih
berdaya dalam mengembangkan dalam mengembangkan program-program yang, tentu
saja, lebih sesuai dengan kebutuhan dan potensi yang dimilikinya. Baik
peningkatan otonomi sekolah, fleksibelitas pengelolaan sumberdaya sekolah
maupun partisipasi warga sekolah dan masyarakat dalam penyelenggaran sekolah
tersebut kesemuanya ditujukan untuk meningkatkan mutu sekolah berdasarkan
kebijakan kebijakan pendidikan nasional dan peraturan peundang-undangan yang
berlaku.
2. Tujuan
Dan Manfaat
MPMBS
bertujuan untuk memandirikan atau memberdayakan sekolah melalui
pemberian kewenangan (otonomi) kepada sekolah, pemberian fleksibilitas
yang lebih besar kepada sekolah untuk mengelola sumberdaya sekolah, dan
mendorong partisipasi warga sekolah dan masyarakat untuk meningkatkan
mutu pendidikan. Lebih rincinya, MPMBS bertujuan untuk :
§
Meningkatkan mutu pendidikan melalui peningkatan
kemandirian, fleksibelitas, partisipasi, keterbukaan, kerjasama, akuntabilitas,
sustainbilitas, dan inisiatif sekolah dalam mengelola, memanfaatkan, dan
memberdayakan sumberdaya yang tersedia.
§
Meningkatkan kepedulian warga sekolah dan masyarakat
dalam penyelenggaraan pendidikan melalui pengambilan keputusan bersama.
§
Meningkatkan tanggung jawab sekolah kepada orang tua,
masyarakat, dan pemerintah tentang mutu sekolahnya, dan
§
Meningkatkan kompetisi yang sehat antar sekolah
tentang mutu pendidikan yang akan dicapai.
Penerapan Menejemen Peningkatan Mutu
Berbasis Sekolah (MPMBS) yang efektif secara spesifik mengidentifikasi beberapa
manfaat spesifik dari penerapan MPMBS sebagai berikut :
a)
Memungkinkan orang-orang yang kompeten di sekolah
untuk mengambil keputusan yang akan meningkatkan pembelajaran.
b)
Memberi peluang bagi seluruh anggota sekolah untuk
terlibat dalam pengambilan keputusan penting.
c)
Mendorong munculnya kreativitas dalam merancang bangun
program pembelajaran.
d)
Mengarahkan kembali sumber daya yang tersedia untuk
mendukung tujuan yang dikembangkan di setiap sekolah.
e)
Menghasilkan rencana anggaran yang lebih realistik
ketika orang tua dan guru makin menyadari keadaan keuangan sekolah, batasan
pengeluaran, dan biaya program-program sekolah.
f)
Meningkatkan motivasi guru dan mengembangkan
kepemimpinan baru di semua level.
Prinsip-prinsip yang perlu diperhatikan dalam
melaksanakan Manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah adalah;
1.
komitmen, kepala sekolah dan warga warga sekolah harus
mempunyai komitmen yang kuat dalam upaya menyelenggarakan semua warga sekolah
2.
kesiapan,
semua warga sekolah harus siap fisik dan mental
3.
keterlibatan,
pendidikan yang efektif melibatkan semua pihak dalam mendidik anak
4.
kelembagaan,
sekolah sebagai lembaga adalah unit terpenting bagi pendidikan yang efektif
5.
keputusan,
segala keputusan sekolah dibuat oleh
pihak yang benar-benar mengerti tentang pendidikan
6.
kesadaran,
guru-guru harus memiliki kesadaran untuk membantu dalam pembuatan keputusan
program pendidikan dan kurikulum
7.
kemandirian, sekolah harus diberi otonom sehingga memiliki kemandirian dalam membuat keputusan
pengalokasian dana
8.
ketahanan,
perubahan akan bertahan lebih lama apabila melibatkan stakeholders sekolah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar