Komunikasi formal
adalah suatu proses komunikasi yang bersifat resmi dan biasanya dilakukan di
dalam lembaga formal melalaui garis perintah atau sifatnya instruktif,.
Komunikasi informal
adalah proses komunikasi yang berada di antara yang formal atau resmi dengan
yang tidak resmiatau informal. Komunikasi jenis ini biasanya berupa komunikasi
yang berhubungan dengan hubungan pribadi.
1. Komunikasi formal
sangat struktural, berjalan melalui hirarki perusahaan, dan menunjukkan posisi
seseorang dalam perusahaan atau posisi dalam struktur manajemen project, dalam
hal event management. Komunikasi ini dijalankan dalam situasi formal atau
resmi seperti pertemuan resmi, meeting pembahasan project, menggunakan bahasa
yang baik dan benar. Komunikasi email pun seringkali bersifat formal dan
menggunakan bahasa formal, terutama dalam konteks profesi
2. Komunikasi informal
tidak mempedulikan struktur, hirari atau bahkan posisi dalam perusahaan atau
project management. Komunikasi ini dijalankan dalam situasi tidak resmi,
menggunakan bahasa sehari-hari.
Dalam
perusahaan-perusahaan Asia, komunikasi formal dianggap sangat sakral dan harus
dijaga dengan baik. Setiap pemimpin harus dihormati dan diperlakukan secara
formal. Namun dengan adanya berbagai perubahan dan dinamika dunia, hal ini
harus dipertimbangkan oleh manajemen, terutama dalam konteks event management.
Sumber : Modul Pembelajaran Kewirausahaan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar