No
|
Aliran psikologi tingkah laku
|
Aliran psikologi kognitif
|
1.
|
Mementingkan peranan faktor lingkungan.
|
Mementingkan apa yang ada pada diri siswa.
|
2.
|
Mementingkan bagian-bagian (elemen).
|
Mementingkan keseluruhan.
|
3.
|
Mementingkan peranan reaksi.
|
Mementingkan peranan fungsi kognitif.
|
4.
|
Mementingkan mekanisme terbentuknya hasil belajar.
|
Mementingkan keseimbangan dalam diri siswa (dynamis
equilibrium).
|
5.
|
Mementingkan sebab-sebab di waktu yang lalu.
|
Mementingkan kondisi yang ada pada waktu ini
(sekarang).
|
6.
|
Mementingkan pembentukan kebiasaan.
|
Mementingkan pemmbentukan struktur kognitif.
|
7.
|
Dalam pemecahan masalah bercirikan “trial and
error”.
Maksudnya, untuk mencapai hubungan antara stimulus
dan respons, perlu adanya kemampuan untuk memilih respons yang tepat, serta
melalui usaha-usaha atau percobaan-percobaan (trials) dan
kegagalan-kegagalan (errors) terlebih dahulu.
|
Dalam pemecahan masalah bercirikan “insight”,
artinya pemahaman.
|
8.
|
Contoh:
· Teori
Edward Lee Thorndike.
· Teori
Burrhus Frederic Skinner.
· Teori
David Paul Ausubel.
· Teori
Robert Mills Gagne.
· Teori
Ivan Petrovich Pavlov.
· Teori
Albert Bandura.
· Teori Joy Paulus Guilford.
|
Contoh:
· Teori Jean
Piaget.
· Teori Jerome
Bruner.
· Teori Gestalt.
· Teori William
Arthur Brownell.
· Teori Zoltan
Paul Dienes
· Teori Van
Hiele.
|
Kamis, 12 Januari 2017
Aliran Psikologi Tingkah Laku & Kognitif
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar