Kamis, 12 Januari 2017

Kompetensi Pedagogik Guru

Kompetensi Pedagogik Guru
KOMPETENSI INTI GURU
KOMPETENSI GURU MATA PELAJARAN
Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual.
1.1-1
Memahami karakteristik peserta didik yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya.
1.2-2
Mengidentifikasi potensi peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu.
1.3-3
Mengidentifikasi bekal-ajar awal peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu.
1.4-4
Mengidentifikasi kesulitan belajar peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu.
Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik.
2.1-5
Memahami berbagai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik terkait dengan mata pelajaran yang diampu.
2.2-6
Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran yang diampu.
Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu.
3.1-7

3.2-8
Memahami prinsip-prinsip pengembangan kurikulum.
Menentukan tujuan  pembelajaran yang diampu.
3.3-9
Menentukan pengalaman belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diampu.
3.4-10
Memilih materi pembelajaran yang diampu yang terkait dengan pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran.
3.5-11
Menata materi pembelajaran secara benar sesuai dengan pendekatan yang dipilih dan karakteristik peserta didik.
3.6-12
Mengembangkan indikator dan instrumen penilaian.
Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik.
4.1-13
Memahami prinsip-prinsip perancangan pembelajaran yang mendidik.
4.2-14


4.3-15
Mengembangkan komponen-komponen rancangan pembelajaran.

Menyusun rancangan pembelajaran yang lengkap, baik untuk kegiatan di dalam kelas, laboratorium, maupun lapangan.
4.4-16
Melaksanakan pembelajaran yang mendidik di kelas, di laboratorium, dan di lapangan dengan memperhatikan standar keamanan yang dipersyaratkan.
4.5-17
Menggunakan media pembelajaran dan sumber belajar yang relevan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran yang diampu untuk mencapai tujuan pembelajaran secara utuh.
4.6-18
Mengambil keputusan transaksional dalam pembelajaran yang diampu sesuai dengan situasi yang berkembang.
Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran.
5.1-19
Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran yang diampu.
Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki.
6.1-20


6.2-21
Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mendorong peserta didik mencapai prestasi secara optimal.
Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran  untuk mengaktualisasikan potensi peserta didik, termasuk kreativitasnya.
Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik.
7.1-22
Memahami berbagai strategi berkomunikasi yang efektif, empatik, dan santun, secara  lisan, tulisan, dan/atau bentuk lain.
7.2-23
Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik dengan bahasa yang khas dalam interaksi kegiatan/permainan yang mendidik yang terbangun secara siklikal dari (a) penyiapan kondisi psikologis peserta didik untuk ambil bagian dalam permainan melalui bujukan dan contoh, (b) ajakan kepada peserta didik untuk ambil bagian, (c) respons peserta didik terhadap ajakan guru, dan (d) reaksi guru terhadap respons peserta didik, dan seterusnya.

1 komentar:

  1. jazakumulloh.. semoga menjadi amal jariyah ila yaumil qiyamah

    BalasHapus