Kompetensi Pedagogik Guru
KOMPETENSI INTI GURU
|
KOMPETENSI GURU MATA PELAJARAN
|
|
Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek
fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual.
|
1.1-1
|
Memahami karakteristik peserta didik yang
berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral,
spiritual, dan latar belakang sosial-budaya.
|
1.2-2
|
Mengidentifikasi potensi peserta didik dalam mata
pelajaran yang diampu.
|
|
1.3-3
|
Mengidentifikasi bekal-ajar awal peserta didik dalam
mata pelajaran yang diampu.
|
|
1.4-4
|
Mengidentifikasi kesulitan belajar peserta didik
dalam mata pelajaran yang diampu.
|
|
Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip
pembelajaran yang mendidik.
|
2.1-5
|
Memahami berbagai teori belajar dan prinsip-prinsip
pembelajaran yang mendidik terkait dengan mata pelajaran yang diampu.
|
2.2-6
|
Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode,
dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran
yang diampu.
|
|
Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata
pelajaran yang diampu.
|
3.1-7
3.2-8
|
Memahami prinsip-prinsip pengembangan kurikulum.
Menentukan tujuan pembelajaran yang diampu.
|
3.3-9
|
Menentukan pengalaman belajar yang sesuai untuk
mencapai tujuan pembelajaran yang diampu.
|
|
3.4-10
|
Memilih materi pembelajaran yang diampu yang terkait
dengan pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran.
|
|
3.5-11
|
Menata materi pembelajaran secara benar sesuai
dengan pendekatan yang dipilih dan karakteristik peserta didik.
|
|
3.6-12
|
Mengembangkan indikator dan instrumen penilaian.
|
|
Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik.
|
4.1-13
|
Memahami prinsip-prinsip perancangan pembelajaran
yang mendidik.
|
4.2-14
4.3-15
|
Mengembangkan komponen-komponen rancangan
pembelajaran.
Menyusun rancangan pembelajaran yang lengkap, baik
untuk kegiatan di dalam kelas, laboratorium, maupun lapangan.
|
|
4.4-16
|
Melaksanakan pembelajaran yang mendidik di kelas, di
laboratorium, dan di lapangan dengan memperhatikan standar keamanan yang
dipersyaratkan.
|
|
4.5-17
|
Menggunakan media pembelajaran dan sumber belajar
yang relevan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran yang
diampu untuk mencapai tujuan pembelajaran secara utuh.
|
|
4.6-18
|
Mengambil keputusan transaksional dalam pembelajaran
yang diampu sesuai dengan situasi yang berkembang.
|
|
Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi
untuk kepentingan pembelajaran.
|
5.1-19
|
Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi
dalam pembelajaran yang diampu.
|
Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik
untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki.
|
6.1-20
6.2-21
|
Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran untuk
mendorong peserta didik mencapai prestasi secara optimal.
Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran
untuk mengaktualisasikan potensi peserta didik, termasuk kreativitasnya.
|
Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun
dengan peserta didik.
|
7.1-22
|
Memahami berbagai strategi berkomunikasi yang efektif, empatik, dan santun, secara lisan,
tulisan, dan/atau bentuk lain.
|
7.2-23
|
Berkomunikasi secara efektif, empatik,
dan santun dengan peserta didik dengan bahasa yang khas dalam interaksi
kegiatan/permainan yang mendidik yang terbangun secara siklikal dari (a)
penyiapan kondisi psikologis peserta didik untuk ambil bagian dalam permainan
melalui bujukan dan contoh, (b) ajakan kepada peserta didik untuk ambil
bagian, (c) respons peserta didik terhadap ajakan guru, dan (d) reaksi guru
terhadap respons peserta didik, dan seterusnya.
|
jazakumulloh.. semoga menjadi amal jariyah ila yaumil qiyamah
BalasHapus