Motivasi belajar yang ada pada diri siswa memiliki
ciri-ciri/indikator sebagai berikut:
1. Tekun Menghadapi Tugas 2. Ulet
Menghadapi Kesulitan 3. Tidak Memerlukan Dorongan Dari Luar Untuk Berprestasi
4. Ingin Mendalami Bahan atau Bidang Pengetahuan Yang Diberikan 5. Selalu
Berusahan Berprestasi Sebaik Mungkin 6. Menunjukkan Minat Terhadap Macam-macam
Masalah 7. Senang dan Rajin Belajar, Penuh Semangat, Cepat Bosan dengan
Tugas-Tugas Rutin, dapat Mempertahankan Pendapatnya 8. Mengejar Tujuan-tujuan
Jangka Panjang.
Ada beberapa strategi yang bisa digunakan oleh guru
untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa, sebagai berikut: 1. Menjelaskan
tujuan belajar ke peserta didik. Pada permulaan belajar mengajar seharusnya
terlebih dahulu seorang guru menjelaskan mengenai Tujuan Instruksional Khusus
yang akan dicapainya kepada siswa. Makin jelas tujuan maka makin besar pula
motivasi dalam belajar.
2. Hadiah Berikan hadiah untuk siswa yang berprestasi.
Hal ini akan memacu semangat mereka untuk bisa belajar lebih giat lagi. Di
samping itu, siswa yang belum berprestasi akan termotivasi untuk bisa mengejar
siswa yang berprestasi.
3. Saingan/kompetisi Guru berusaha mengadakan
persaingan di antara siswanya untuk meningkatkan prestasi belajarnya, berusaha
memperbaiki hasil prestasi yang telah dicapai sebelumnya.
4. Pujian Sudah sepantasnya siswa yang berprestasi
untuk diberikan penghargaan atau pujian. Tentunya pujian yang bersifat
membangun.
5. Hukuman Hukuman diberikan kepada siswa yang berbuat
kesalahan saat proses belajar mengajar. Hukuman ini diberikan dengan harapan
agar siswa tersebut mau merubah diri dan berusaha memacu motivasi belajarnya.
6. Membangkitkan dorongan kepada anak didik untuk
belajar Strateginya adalah dengan memberikan perhatian maksimal ke peserta
didik.
7. Membantu kesulitan belajar anak didik secara
individual maupun kelompok
8. Menggunakan metode yang bervariasi
9. Menggunakan media yang baik dan sesuai dengan
tujuan pembelajaran
10. Menggunakan gambar dalam proses menerangkan. Hal
ini bertujuan untuk mengurangi rasa jenuh siswa
11. Menggunakan lelucon / bercanda. Sebagai bentuk
"refreshing" dan untuk mendapatkan perhatian siswa kembali
Berdasarkan sumber penyebabnya motivasi dikategorikan
menjadi motivasi intrinsik dan ekstrinsik. Sumber motivasi intrinsik adalah
challenge, curiosity, control, dan fantasy sedangkan motivasi ekstrinsik timbul
karena ada rangsangan dari luar. Individu yang termotivasi secara ekstrinsik
akan berpartisipasi untuk menghasilkan outcome tertentu seperti reward, pujian
dari guru atau terhindar dari hukuman.
sumber motivasi: orang tua, guru, diri sendiri, buku
bacaan, motivator, lingkungan sekitar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar