Kamis, 12 Januari 2017

MPMBS (Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah)


   1.         Pengertian MPMBS (Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah)
           Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah (MPMBS) dapat didefinisikan sebagai model manajemen yang memberikan otonomi lebih besar kepada sekolah dan mendorong sekolah untuk melakukan pengambilan keputusan secara partisipatif untuk memenuhi kebutuhan mutu sekolah atau untuk mencapai tujuan mutu sekolah dalam kerangka pendidikan nasional. Dengan otonomi yang lebih besar, maka sekolah memiliki kewenangan yang lebih besar dalam mengelola sekolahnya, sehingga sekolah lebih mandiri. Dengan kemandiriannya, sekolah lebih berdaya dalam mengembangkan program-program yang tentu saja, lebih berdaya dalam mengembangkan dalam mengembangkan program-program yang, tentu saja, lebih sesuai dengan kebutuhan dan potensi yang dimilikinya. Baik peningkatan otonomi sekolah, fleksibelitas pengelolaan sumberdaya sekolah maupun partisipasi warga sekolah dan masyarakat dalam penyelenggaran sekolah tersebut kesemuanya ditujukan untuk meningkatkan mutu sekolah berdasarkan kebijakan kebijakan pendidikan nasional dan peraturan peundang-undangan yang berlaku. 
   2.       Tujuan Dan Manfaat
       MPMBS bertujuan untuk memandirikan atau memberdayakan sekolah melalui pemberian kewenangan (otonomi) kepada sekolah, pemberian fleksibilitas yang lebih besar kepada sekolah untuk mengelola sumberdaya sekolah, dan mendorong partisipasi warga sekolah dan masyarakat untuk meningkatkan mutu pendidikan. Lebih rincinya, MPMBS bertujuan untuk  :
§   Meningkatkan mutu pendidikan melalui peningkatan kemandirian, fleksibelitas, partisipasi, keterbukaan, kerjasama, akuntabilitas, sustainbilitas, dan inisiatif sekolah dalam mengelola, memanfaatkan, dan memberdayakan sumberdaya yang tersedia.
§   Meningkatkan kepedulian warga sekolah dan masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan melalui pengambilan keputusan bersama.
§   Meningkatkan tanggung jawab sekolah kepada orang tua, masyarakat, dan pemerintah tentang mutu sekolahnya, dan
§   Meningkatkan kompetisi yang sehat antar sekolah tentang mutu pendidikan yang akan dicapai. 

        Penerapan Menejemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah (MPMBS) yang efektif secara spesifik mengidentifikasi beberapa manfaat spesifik dari penerapan MPMBS sebagai berikut :
a)         Memungkinkan orang-orang yang kompeten di sekolah untuk mengambil keputusan yang akan meningkatkan pembelajaran.
b)        Memberi peluang bagi seluruh anggota sekolah untuk terlibat dalam pengambilan keputusan penting.
c)         Mendorong munculnya kreativitas dalam merancang bangun program pembelajaran.
d)        Mengarahkan kembali sumber daya yang tersedia untuk mendukung tujuan yang dikembangkan di setiap sekolah.
e)         Menghasilkan rencana anggaran yang lebih realistik ketika orang tua dan guru makin menyadari keadaan keuangan sekolah, batasan pengeluaran, dan biaya program-program sekolah.
f)         Meningkatkan motivasi guru dan mengembangkan kepemimpinan baru di semua level.
3. Prinsip-prinsip MPMBS
Prinsip-prinsip yang perlu diperhatikan dalam melaksanakan Manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah adalah;
1.      komitmen, kepala sekolah dan warga warga sekolah harus mempunyai komitmen yang kuat dalam upaya menyelenggarakan semua warga sekolah
2.      kesiapan, semua warga sekolah harus siap fisik dan mental
3.      keterlibatan, pendidikan yang efektif melibatkan semua pihak dalam mendidik  anak
4.      kelembagaan, sekolah sebagai lembaga adalah unit terpenting bagi pendidikan yang efektif
5.      keputusan, segala keputusan sekolah dibuat oleh pihak yang benar-benar mengerti tentang pendidikan
6.      kesadaran, guru-guru harus memiliki kesadaran untuk membantu dalam pembuatan keputusan program pendidikan dan kurikulum
7.      kemandirian, sekolah harus diberi otonom sehingga memiliki kemandirian dalam membuat keputusan pengalokasian dana
8.      ketahanan, perubahan akan bertahan lebih lama apabila melibatkan stakeholders sekolah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar