Kamis, 12 Januari 2017

Cara Menyiapkan Tempat Belajar




Tempat belajar sangat besar pengaruhnya terhadap hasil belajar seseorang. Tempat belajar yang menyenangkan akan membantu membangkitkan semangat belajar dan membantu memusatkan konsentrasi seseorang pada hal-hal yang akan dipelajari. Sebaliknya, tempat belajar yang tidak menyenangkan dapat mengakibatkan seseorang tidak dapat berkonsentrasi pada hal-hal yang akan dipelajari.
            Tempat belajar yang baik meliputi pencahayaan yang cukup, terbebas dari gangguan suara dan gangguan pandangan, pegaturan meja dan kursi belajar yang baik, dan pengaturan bahan pelajaran yang baik.

Cara Mengatur Tempat Belajar yang Baik

Agar semangat belajar Anda meningkat, Anda perlu mengatur tempat belajar. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam mengatur tempat belajar.
1.        Tentukan tempat belajar tetap. Anda dapat menentukan tempat belajar tetap di rauang belajar khusus. Jika tempat belajar Anda menjadi satu dengan kamar tidur, Anda harus bisa mengatur posisi meja dan kursi membelakangi tempat tidur. Hal ini sebagai, usaha untuk mengurangi  keinginan istirahat sebelum waktu istirahat tiba. Menentukan tempat belajar tetap bermanfaat bagi Anda untuk mengatur semua keperluan belajar. Degan demikian Anda tidak perlu memindahkan berulang kali untuk memindahkan keperluan belajar.
2.        Hindarilah hal-hal ynag dapat mengganggu belajar Anda.
a.       Suara seperti radio, suara televisi, dan suara orang yang bicara. Untuk menghindari gangguan suara, Anda dapat membuat kesepakatan dengan keluarga dengan adanya waktu tenang dalam keluarga. Waktu tenang adalah waktu bebas dari suara radio, suara televisi, dan suara orang berbicara. Bagi anggota yang tidak belajar, tidak diizinkan membuanyikan radio terlalu keras, menyetel televisi dengan volume tinggi, dan lain-lain. kesepakatan ini dapat membantu menghindari gangguan suara.
b.      Pemandangan, seperti gambar dinding yang tidak berkaitan dengan pelajaran, acara televisi, dan orang yang lau-lalang. Kecuali iyu, Anda sebaiknya tidak belajar menghadap jendela atau pintu. Hal ini dapat menyebabkan Anda melihat  orang yang lalu-lalang. Cara yang terbaik adalah belajar menghadap dinding.
c.       Gangguan berupa selingan-selingan selama belajar. Misalnya, menerima telepon, atau bahkan tugas-tugas lain. untuk mengatasi hal ini Anda dapat menutup pintu selama beljar dan memberi tahu kepada keluarga vahwa Anda sedang belajar dan tidak mau diganggu oleh kegiatan-kegiatan yang tidak berhubungan dengan belajar.
3.        Aturlah cahaya lampu agar tidak langsung menyinari mata dan dapat menyinari semua ruangan. Cahaya lampu yang langsung menyinari mata akan membuat mata cepat lelah. Menempatkan lampu juga harus di tempat yang tepat agar dapat menerangi ANda saat membaca. Contoh yang keliru adalah jika Anda menempatkan lampu tepat di belakang kepala Anda. Penempatan lampu seperti ini tentu tidat dapat menerangi pada saat Anda membaca.
4.        Aturlah meja dan kursi belajar. Sebaiknya Anda tidak mengisi meja belajar dengan barang-barang yang tidak behubungan dengan mata pelajaran, seperti foto-foto , novel, majalah, dan alat hias. Barang-barang yang tidak berkaitan dengan mata pelajaran dapat mengganggu belajar Anda. Anda sebaiknya memilih kursi belajar yang rata dan dapat dipakai untuk duduk dengan tegak. Kursi belajar yang terlalu empuk dan posisi sandar membuat Anda cepat mengantuk.
5.        Aturlah semua bahan pelajaran. Anda sebaiknya mengatur bahan pelajaran di tempat yang dekat dengan meja belajar sehingga Anda mudah mengambil bahan pelajaran yang diperlukan. Bila Anda tidak mengatur bahan pelajaran dekat dengan meja belajar, Anda akan membutuhkan waktu untuk mencaru  bahan peajaran yang diperlukan. Hal ini akan membuat konsentrasi belajar Anda terganggu.
6.        Ventilasi yang cukup. Ventilasi berguna untuk mengatur pergantian udara agar ruang belajar Anda tetap segar. Berilah ventilasi yang cukup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar