Kamis, 12 Januari 2017

Cara Memelihara Kondisi Kesehatan




Kondisi tubuh merupakan slah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan belajar. Keadaan tubuh yang sehat merupakan kondisi yang memungkinkan seseorang untuk dapat belajar aktif, seperti selalu hadir di sekolah, dapat belajar dengan  giat, tidak cepat lelah, dan tidak cepat mengantuk. Apabila seseorang sedang sakit akan mengalami kesulitan dalam belajar, seperti tidak dapat hadir di sekolah, cepat lelah, cepat mengantuk, dan tidak dapat mengerjakan tugas sekolah sehingga tidak dapat behasil dengan baik.

Cara Memelihara Kondisi Kesehatan

Tugas utama seorang pelajar adalah belajar. Anda harus selalu menjaga kesehatan agar Abnda dapat berhasil baik dalam belajar. Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan.
1.        Makanlah makanan yang sehat. Makanan yang sehat ialah makanan yang higienis dan bergizi.
a.       Makanan higienis, yaitu makanan yang tidak mengandung kuman penyakit dan tidak mengandung racun yang membahayakan hidup manusia. Makanan bisa mengandung bibit penyakit dan tracun karena sudah busuk da kadaluwarsa. Anda dapat melihat tanggal yang dicantumkan pada bungkus makanan untuk mengetahui batas akhir dari ketahanan makanan (kadaluwarsa). Makanan yang sudah kadaluwarsa sebaiknya tidak digunakan lagi.
b.      Makanan bergizi adalah makanan yang memiliki syarat berikut ini :
(1)   Harus cukup mengandung kalori;
(2)   Harus cukup mengandung protein;
(3)   Harus cukup mengandung lemak;
(4)   Harus cukup mengandung vitamin dan mineral;
(5)   Harus memliki keseimbangan yang baik antara kandungan karbohidrat, lemak, dan protein.
Agar tubuh kita tetap sehat,kita harus makan dan minum berbagai jenis makanan dan minuman untuk mendapatkan berbagai jenis zat yang dibutuhkan, yaitu karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral.
Sukar bagi kita untuk mendaatkan jenis makanan dari alam sekitar secara lengkap yang mengandung zat-zat tersebut. Untuk itulah, perlu disusun menu yang baik agar makanan yang kita makan cukup mengandung nilai gizi.
Manu atau susunan menu yang bermutu di Indonesia ialah empat sehat lima sempurna, antara lain sebagai berikut :
a.         Makanan pokok (nasi, jagungm ubi) : sumber karbohidrat;
b.         Lauk-pauk (tahu, temmpe, daging ayam, udang) : sumber protein dan lemak;
c.         Sayuran (bayam, kangkung, kacang panjang, dan lain-lain) : sumber vitamin dan mineral;
d.        Buah-buahan (manga, apel, jeruk, jambu biji) : sumber vitamin;
e.         Susu : sumber protein, vitamin, dan mineral.
Contoh menu empat sehat, yaitunasi, tempe satu potong, sayur lodeh, dan papaya.

Untuk menjaga kesehatan tubuh, keempat jenis makanan yang disebut terdahulu, yaitu, lauk-pauk, sayuran, dan buah-buahan haru selalu dikonsumsi dan susu sebagai pelengkap.
Zat-zat makanan yang diperlukan tubuh setiap hari terdiri atas karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan garam mineral. Zat makanan tersebut berfungsi untuk menghasilkan energy (tenaga), untuk pertumbuhandan pergantian sel tubuh yang rusak serta menjaga keseimbangan tubuh. Jika makanan yang Anda konsumsi tidak mengandung zat gizi yang dibutuhkan tubuh, Anda dapat kekurangan tenaga dan pergantian bagian tubuh tidak sempurna bahkan menjadi sakit.
Kegiatan belajar juga memerlukan energi. Mengikuti pelajaaran di kelas, mengikuti plajaran olahraga, praktikum biologi, semua membutuhkan energy. Jika tubuh Anda kekurangan energi, berarti Anda tidak dapat mengikuti kegiatan belajat  dengan baik sehingga belajar Anda rendah.
2.        Lakukan olahraga.
3.    Tidur yang cukup. Tidur merupakan salah satu cara untuk istirahat. Istirahat berguna untuk memulihkan kesegaran tubuh. Sebaliknya Anda dapat menyediakan waktu antara 6 sampai 8 jam setiap hari untuk tidur. Jika Anda tidak ada kegiatan sekolah atau kegiata lainnya pada siang hari, tidurselama kurang lebih satu jam merupakan cara yang baik untuk istirahat.
4.     Tidak belajar semalam suntuk. Belajar semalam suntuk dapat mnyebabkan sakit, sebab tubuh tidak diberi kesempatan untuk istirahat. Jika Anda belajar semalam suntuk dan pagi harsus berangkat ke sekolah, mengikuti upacara bendera, dan lain-lain. anda tidak dapat mengikuti semua kegiatan itu dengan baik.
5.        Gunakan hari Minggu untuk acara bebas seperti rekreasi, mengembangkan hobi, atau jalan-jalan dengan keluarga. Kegiatan ini dapat mengembalikan kesegaran tubuh menghadapi tugas selanjutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar