Kamis, 12 Januari 2017

Kepribadian dan karakter sama atau berbeda?



Pertanyaan: Kepribadian dan karakter sama atau berbeda?
Secara etimologis istilah kepribadian berasal dari bahasa latin yaitu Per dan Sonarae yang kemudan berkembang menjadi persona yang berarti topeng. Kemudian berubah menjadi personality menurut pengertian modern sebagai keseluruhan kualitas tingkah laku dari pribadi seseorang. Menurut wikipedia, kepribadian adalah keseluruhan cara seorang individu bereaksi dan berinteraksi dengan individu lain. Kepribadian paling sering dideskripsikan dalam istilah sifat yang bisa diukur yang ditunjukkan oleh seseorang. Kepribadian sudah ada sejak lahir, kepribadian di bentuk oleh temperamen dan lingkungan yang terus menerus dan saling mempengaruhi. Kita lihat pengertian kepribadian menurut para ahli:
a . Yinger  yaitu :
Kepribadian adalah keseluruhan perilaku seorang individu dengan sistem kecenderungan tertentu yang berinteraksi dengan serangkaian intruksi .
b . M.A. W. Bouner yaitu :
Kepribadian adalah corak tingkah laku sosial yang meliputi corak kekuatan, dorongan keinginan, opini, dan sikap-sikap seseorang .
c. Cuber yaitu :
Kepribadian adalah gabungan keseluruhan sifat-sifat yang tampak dan dapat di lihat oleh seseorang.
Lalu apa yang dimaksud dengan karakter?
Menurut bahasa, karakter adalah tabiat atau kebiasaan. Sedangkan menurut ahli psikologi, karakter adalah sebuah sistem keyakinan dan kebiasaan yang mengarahkan tindakan seorang individu. Karena itu, jika pengetahuan mengenai karakter seseorang itu dapat diketahui, maka dapat diketahui pula bagaimana individu tersebut akan bersikap untuk kondisi-kondisi tertentu.
Seringkali kita mendengar orang berkata, “Kepribadian orang itu buruk”, atau “Jangan berhubungan dengan orang itu, karena orangnya tidak baik”.
Sebenarnya yang dimaksud dengan ungkapan orang tersebut adalah karakter. Ketika kepribadian seseorang dilekatkan pada norma moral, pada penilaian baik dan buruk, maka orang tersebut sedang membahas tentang karakter. Dengan kata lain, karakter adalah perilaku seseorang (yang relatif permanen) ketika berinteraksi dengan lingkungan yang dilandasi dengan pengetahuan tentang moral (Naftalia, 2006).
Sedangkan kepribadian adalah sejumlah karakteristik sifat yang muncul dalam perilaku tanpa adanya penilaian moral, misalnya pemarah, penyabar, tahan uji, mudah iba, mudah tersinggung, bangga, dan sebagainya.
Analogi dari kepribadian dengan karakter :
·         Pisau, terbuat dari baja, besi, timah, alumunium, dll
           Ini adalah kepribadian
·         Pisau yang terbuat dari baja, besi, timah, alumunium, dll tersebut, dibentuk sedemikian rupa sehingga menjadi tajam, setengah tajam, setengah tumpul, atau tumpul banget, bahkan berkarat sama sekali
Ini adalah karakter

Jadi, dapat disimpulkan kepribadian adalah keseluruhan cara seorang individu bereaksi dan berinteraksi dengan individu lain yang sudah ada sejak lahir. 

Sumber di dapat melalui:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar