Kamis, 12 Januari 2017

Masalah Kebijakan




Masalah kebijakan adalah suatu kondisi atau situasi yang menimbulkan ketidakpuasan atau kebutuhan bagi rakyat dan mendorong mencari penyelesaian. Masalah-masalah kebijakan antara lain adalah kebutuhan, nilai-nilai atau kesempatan-kesempatan yang tidak terealisir tetapi yang dapat dicapai melalui suatu tindakan tertentu. Berikut visualisasi proses pemahaman dan perumusan masalah (Sudadio : 37) :


 
           
Pembuatan kebijakan tidak berawal dari masalah yang terartikulasi dengan jelas, tetapi suatu perasaan khawatir yang kacau dan tanda-tanda awal yang menunjukkan adanya permasalahan yang layak untuk dijadikan sebagai kebijakan. Berikut beberapa ciri penting dari masalah kebijakan antara lain:
1.      Saling ketergantungan dari masalah kebijakan
Dalam kenyataanya masalah-masalah kebijakan bukan merupakan kesatuan yang berdiri sendiri, mereka merupakan bagian dari keseluruhan sistem kondisi eksternal yang menghasilkan ketidakpuasan di antara segmen-segmen masyarakat yang berbeda.
2.      Subyektifitas dari masalah kebijakan
Kondisi eksternal yang menimbulkan suatu permasalahan didefinisikan, diklarifikasikan, dijelaskan, dan dievaluasi secara selektif. Meskipun terdapat suatu anggapan bahwa masalah bersifat obyektif. Data yang sama dapat diinterpretasikan secara berbeda. Masalah kebijakan adalah suatu hasil pemikiran yang dibuat pada suatu lingkungan tertentu.
3.      Sifat buatan dari masalah
Masalah kebijakan merupakan hasil/produk penilaian subyektif manusia, masalah kebijakan itu juga bisa diterima sebagai definisi-definisi yang sah dari kondisi sosial yang obyektif dan karenanya masalah kebijakan dipahami, dipertahankan, dan diubah secara sosial.
4.      Dinamika masalah kebijakan
Terdapat banyak solusi untuk suatu masalah. Masalah dan solusi berada dalam perubahan-perubahan yang konstan dan karenanya masalah tidak secara konstan terpecahkan. Solusi terhadap masalah dapat menjadi usang meskipun barangkali masalah itu sendiri belum usang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar