Selasa, 27 Januari 2015

Membagi Waktu Antara Kuliah dan Organisasi

Membagi Waktu Antara Kuliah dan Organisasi

Kuliah merupakan tugas utama seorang mahasiswa. Kesibukan mahasiswa sehari-hari dengan padatnya jadwal kuliah membuat siswa mati-matian untuk belajar agar mendapatkan IP yang bagus. Padahal dunia kerja saat ini tidak hanya menekankan untuk memiliki hard skill tetapi juga soft skill. Kemampuan seperti keterampilan berbicara, menulis, memimpin rapat, menyelenggarakan suatu even besar tidak diajarkan langsung melalui materi kuliah sehingga untuk mendapatkannya mahasiswa perlu untuk mengikuti organisasi. Di dalam organisasi, mahasiswa dapat mengembangkan soft skill yang dimilikinya, karena di dalamnya mahasiswa dapat berinteraksi dengan banyak orang, mampu memberikan pengalaman-pengalaman serta pengetahuan yang mungkin tidak dapat dimiliki  hanya dengan mengikuti pembelajaran di kelas. Dengan mengikuti banyak kegiatan di organisasi dengan sendirinya soft skill tersebut akan terbentuk dan terus berkembang.

Di kampus sendiri banyak organisasi, baik eksternal maupun internal yang dapat kita ikuti sesuai dengan minat dan kemampuan kita. Hanya saja, ketika keinginan untuk ikut organisasi telah ada, banyak kendala yang bermunculan. Salah satunya yaitu bagaimana caranya mengatur waktu antara kuliah dengan organisasi agar keduanya tetap berjalan. Berikut adalah sebagian tips yang dapat digunakan agar kuliah dan organisasi tetap seimbang:

1. Buatlah jadwal rutin
Biasakan untuk me-manage waktu dengan membuat jadwal rutin kuliah dan organisasi dengan waktu, hari dan jam yang detil.

2. Mendahulukan hal-hal yang penting atau sifatnya mendesak.
Ketika kita di hadapi oleh dua pilihan maka kita harus bisa memprioritaskan mana yang lebih penting, misalnya tugas yang sedang deadline, ujian, atau kita yang ditugaskan untuk memimpin rapat, dsb.

3. Memilih organisasi yang benar-benar sesuai dengan kemampuan atau bidang kita.
Lebih baik memilih satu organisasi namun kita bisa fokus dan sungguh-sungguh dalam berkontribusi di dalamnya, daripada mengikuti banyak organisasi namun banyak juga yang akhirnya terbengkalai. Sehingga baik organisasi maupun kuliah dapat sama-sama berjalan.

4. Komunikasi.
Biasakan untuk berani dan tegas dalam mengambil keputusan, serta terpat dalam bertindak. Sebagai contoh, saat kita akan melaksanakan ujian semester, tetapi di saat bersamaan kita di tugaskan untuk memimpin rapat di jam yang sama. Dalam hal ini kita juga perlu berani untuk mengatakan tidak, tentu dengan cara yang santun. Karena bagaimana pun tugas utama kita adalah kuliah, harus lebih mementingkan untuk mengikuti ujian.

5. Jangan menunda pekerjaan
Biasakan untuk menyicil tugas-tugas yang diberikan pada kita. Cobalah untuk membaca kembali materi kuliah yang diberikan oleh dosen, atau membuat ringkasan materi.

6. Optimis dalam berorganisasi.
Yakinkan pada diri sendiri bahwa kita mampu mengikuti organisasi dengan baik dan lulus kuliah tepat pada waktunya. Tentu keyakinan kuat juga di ikuti oleh kemauan, usaha keras dan juga konsisten.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar