Selasa, 27 Januari 2015

Keberkahan Usia

Keberkahan usia bukan terlihat dari seberapa lama hidup kita di dunia. Keberkahan Usia apabila dalam hidup kita digunakan untuk kebaikan. Amat merugilah orang yang hidup di dunia, yang tidak menggunakan umurnya dengan sebaik-baiknya.

Seperti dalam firman Allah dalam surat Al-Ashr yang artinya:
Artinya:
1. Demi masa.
2. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian,
3. Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran.

Kita perlu merenungi bahwa betapa meruginya manusia di dunia. Kita tidak sadar bahwa waktu di dunia tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan akhirat. Satu hari di dunia sama dengan 1000 tahun. Amat sebentarlah kita tinggal di dunia yang fana ini.
  
Agar tidak menjadi manusia yang merugi, banyak hal yang dapat kita lakukan agar hidup lebih berkah, salah satunya:

1. Silaturahmi. Ada banyak manfaat dari bersilaturahmi. Nabi bersabda:
"Barang siapa yang ingin diluaskan rizkinya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah ia menyambung kerabatnya." (HR. Bukhari).

2. Banyak memperbanyak amal jariyah.
Rasulullah bersabda: "Di antara amalan dan kebajikan yang terus sampai kepada orang mukmin setelah kematiannya, adalah: ilmu yang diajarkan dan disebarkannya, anak shalih yang ditinggalkannya, mushhaf yang diwariskannya, masjid yang dibangunnya, rumah yang dibangunnya untuk ibnu sabil, sungai yang dialirkannya, atau shadaqah yang dikeluarkannya dari hartanya semasa sehatnya dan semasa hidupnya, maka itu sampai kepadanya setelah kematiannya." (HR. Ibnu Majah dan dihasankan al Albani, dari Abu Hurairah radhiyallahu'anhu (Shahiih Sunan Ibni Majah (no. 242)).

3. Bergaul dengan orang-orang soleh
Beruntunglah kita, bergaul dengan orang-orang soleh. Yang di setiap doanya selalu menyematkan nama kita saudara seiman. Bergaul dengan orang soleh juga dapat berbagi ilmu serta saling mengingatkan kita agar tidak lalai dalam beribadah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar