Selasa, 27 Januari 2015

Manfaat Mempelajari Filsafat

Ketika mempelajari filsafat mungkin kita pernah berpikir untuk apa kita mempelajari filsafat, apa manfaatnya, dsb. Ada banyak manfaaat dari mempelajari filsafat, salah satunya yaitu:
  • Filsafat menolong kita untuk mendidik, membangun diri kita sendiriFilsafat menolong kita untuk mendidik, membangun diri kita sendiri.
  • Bepikir filsafat membuat kita mengalami dan menyadari hakikat kita sebagai manusia, rahasia hidup yang kita selidiki justru memaksa kita untuk berpikir untuk hidup dengan sesadar – sadarnya, dan memberikan isi kepada hidup kita sendiri. 
  • Filsafat memberikan kebiasaan dan kepandaian untuk melihat dan memecahkan persoalan – persoalan dalam kehidupan sehari – hari. Berpikir filsafat hanya dapat dilakukan oleh orang yang mapu melihat fenomena-fenomena yang terjadi di sekitarnya secar luas. Berpikir filsafat hanya dapat dilakukan oleh orang yang mau berpikir. Orang yang hidup secara dangkal saja, tidak mudah melihat persoalan – persoalan, apalagi mencari penyelesaiannya. Dengan filsafat kita dilatih melihat apa yang menjadi persolan, dan ini merupakan syarat mutlak untuk memecahkannya. 
  • Filsafat memberikan pandangan yang luas, membendung akuisme dan aku-sentrisme ( dalam segala hal hanya melihat dan mementingkan kepentingan dan kesenangan si aku ) 
  • Filsafat merupakan latihan untuk berfikir sendiri. Dengan berpikir filsafat maka kita akan terlatih untuk berpikir kritis, mampu membangung karakter sehingga kita tidak mudah percaya akan setiap pandangan umum mengenai suatu hal, pernyataan dalam surat – surat kabar, dsb tetapi secara kritis menyikapi apa yang dikemukakan orang, mempunyai pendapat sendiri, berdiri sendiri, tidak mudah terpengaruh oleh orang lain, dengan dengan cita-cita mencari kebenaran. Dengan berfilsafat juga kita selalu dilatih, di didik untuk berpikir secara universal, multidimensional, komprehensif, dan mendalam. tetapi disisi lain masih mampu mengakui harkat martabat orang lain, mengakui keberagaman dan keunggulan orang lain. 
  • Filsafat memberikan dasar-dasar, baik untuk hidup kita sendiri (terutama dalam etika) maupun untuk ilmu-ilmu pengetahuan dan lainnya, seperti sosiologi, ilmu jiwa, ilmu mendidik, dan sebagainnya. 
  • Berpikir filsafat semakin menjadikan orang mampu untuk menangani pertanyaan mendasar manusia yang tidak terletak dalam wewenang metodis ilmu-ilmu khusus 
  • Berpikir filsafat akan membuat seseorang akan manusia seutuhnya, karena terus melakukan perenungan akan menganalisa hakikat jasmani dan hakikat rohani manusia dalam kehidupan di dunia agar bertindak bijaksana.  
  • Berpikir Filsafat akan membuat seseorang dapat memaknai makna hakikat hidup manusia, baik dalam lingkup pribadi maupun sosial. 
  • Kebiasaan menganalisis segala sesuatu dalam hidup seperti yang diajarkan dalam metode berfilsafat, akan menjadikan seseorang cerdas, kritis, sistematis, dan objektif dalam melihat dan memecahkan beragam problema kehidupan, sehingga mampu meraiih kualitas, keunggulan dan kebahagiaan hidup.  
  • Belajar filsafat akan memberikan dasar-dasar semua bidang kajian pengetahuan, memberikan pandangan yang sintesis atau pemahaman atas hakikat kesatuan semua pengetahuan dan kehidupan manusia lebih dipimpin oleh pengetahuan yang baik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar