Selasa, 16 Desember 2014

apa arti "geh"?



Aje mengkonon, geh!
Kita sering mendengar orang Serang mengucapkan kata “Geh” pada akhir kalimatnya. Sebenarnya kata geh itu berasal dari mana dan apa artinya?
Mungkin ketika orang Serang berbicara dengan orang/temannya yang berasal dari dari lain akan merasa aneh ketika mendengar kata “Geh”. Akhirnya ketika berbicara dengan orang Serang, orang mungkin akan bilang “oh, yang ngomong nya suka pake ‘geh’ itu ya?”. Kata “Geh” pun seperti menjadi trademark tersendiri bagi orang Serang.
Lalu ketika orang Serang ditanya apa arti kata geh, mereka hanya bilang kata “Geh” tidak memiliki arti, hanya kebiasaan orang Serang saja yang sering mengucapkannnya. Ya, kata “Geh” sendiri merupakan dialek dari bahasa jawa Serang yang tidak memiliki arti dan hanya berfungsi sebagai kata tambahan saja. Imbuhan atau tambahan kata ini biasanya diletakkan di akhir kata. Kata ini sudah menjamur dan melebur jadi bahasa warga Serang dan sekitarnya, meskipun pengguna tidak mengerti bahasa Jawa Serang atau pengguna adalah pendatang.
Seperti halnya dalam bahasa Sunda, kita sering mendengar kata atuh seperti “jangan begitu atuh”. Kata “atuh” juga tidak memiliki arti, namun sering digunakan/diucapkan pada akhir kalimat. Fungsinya hanya sebagai kata tambahan/imbuhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar